Melakukan proses bisnis, tentu tidak boleh asal jadi, untuk itu diperlukan tahapan-tahapan yang jelas mulai dari input sampai outputnya, sehingga pelanggan merasa puas dengan yang dihasilkan dari proses tersebut
1. Tahapan Proses Bisnis
Berikut analisis tahapan proses bisnis
a. Analisis kebutuhan pelanggan
Pada tahap ini, pihak menejemen perusahaan bersama pemilik perusahaan melakukan diskusi dan analisis tentang kegiatan usaha oleh perusahaan, misalnya usaha dibidang industri, perdagangan atau jasa.h yang ini dilakukan agar manajemen mengetahui serta menentukan yang akan digunakan oleh perusahaan.
b. Penentuan proses bisnis
Pada tahap ini, manajemen akan membuat atau menentukan bentuk proses bisnis dari usaha yang telah dipilih oleh perusahaan tersebut, mulai dari proses bisnis tentang jenis biaya-biaya yang dikeluarkan sampal dengan proses bisnis memperoleh pendapatan atau penghasilan.
C Pelaksanaan proses bisnis
Setelah penentuan dibuat, yang paling utama adalah pelaksanaan dari proses bisnis itu sendiri. Sangat penting bagi setiap bagian atau divisi dan karyawan perusahaan untuk menjalankan dengan benar seluruh proses bisnis yang telah dibuat oleh pihak manajemen perusahaan.
d. Evaluasi proses bisnis
Agar proses bisnis dapat diketahui telah berjalan dengan baik atau tidak, maka diperlukan evaluasi dari seluruh bagian yang terlibat dalam proses bisnis. Hal ini dilakukan agar diperoleh hasil yang optimal. Suatu evaluasi dapat dilakukan setiap bulan, setiap tiga bulan, setiap enam bulan atau setiap tahun, tergantung kebijakan manajemen perusahaan. Akan tetapi suatu evaluasi akan lebih efektif apabila dilakukan setiap bulan. Dengan seringnya melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan proses bisnis, maka akan diperoleh suatu proses bisnis yang paling memberikan manfaat bagi perusahaan.
2. Contoh Proses Bisnis
Contoh proses bisnis di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi saat ini cukup banyak. Diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Proses bisnis di bidang Teknologi Informasi (TI) dengan membuat aplikasi mobile.
1) Perusahaan atau instansi melakukan riset pasar untuk mengetahui apa yang dibutuhkan atau apa yang di inginkan pasar saat ini.
2) Perusahaan mulai mencari bahan-bahan pendukung yang berguna untuk memenuhi keinginan pasar.
3) Setelah memiliki bahan atau tools yang memumpuni, berikutnya memulai untuk mengembangkan aplikasi mobile sesual market yang sudah ditentukan.
4) Melakukan user research untuk mengetahui respon dari masyarakat.
5) Jika terdapat masukan, lakukan modifikasi atau revisi pada aplikasi yang
6) Meluncurkan aplikasi mobile pada Market playstore atau App store
b. Proses bisnis di bidang Teknologi Informasi (TI) dengan membuat desaign grafis
1) Ketahui design yang diinginkan oleh market/ masyarakat/klien.
2) Bertemu dengan klien untuk membahas mengenai design yang akan dibuat.
3) Mengumpulkan bahan-bahan yang digunakan untuk mendukung design yang dibuat. Jika memungkinkan, setiap design yang dibuat dapat memberikan makna masing-masing.
4) Memungkinkan untuk meminta DP, misal 5% dari kesepakatan harga.
5) Melakukan meeting dengan klien mengenai hasil yang sudah dikerjakan.
6) Menyerahkan design pada klien dan mendapatkan laba.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar